Kamis, 08 Desember 2011

TUGAS III - SOFTSKILL

    NAMA     : ENDY SITUA PARDAMEAN
    NPM        : 3211036
    KELAS    : 2DB13
    1)Jelaskan evolusi dari Computer Based Information System !
Sistem Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS) adalah  suatu sistem pengolahan data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat bermanfaat sebagai alat bantu untuk mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis. Pada CBIS terdapat beberapa istilah yang terkait dalam sistem ini antara lain adalah:
 *       Data : data merupakan suatu hasil dari suatu bahan yang sudah diteliti. Bahan yang  dimaksudkan adalah dari kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian dan merupakan kesatuan nyata yang nantinya akan digunakan sebagai bahan dasar suatu informasi.
 *      Informasi: informasi merupakan hasil dari pengolahan data tersebut menjadi bentuk yang lebih berguna dan menarik bagi yang menerima, karena menggambarkan suatu kejadian-kejadian nyata berdasarkan fakta. Sehingga, dapat dipergunakan menjadi alat bantu dalam pengambilan suatu keputusan.
 *       Sistem: sistem merupakan suatu hasil penciptaan/pengembangan dari data dan informasi yang dimana terdapat beberapa komponen yang saling terkait satu sama lain.
 *      Sistem Informasi: sistem informasi merupakan sistem yang dikembangkan dari hasil suatu informasi. Dalam sistem informasi terdapat suatu subsistem. Sehingga akan mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan kebutuhan.
 *     Basis Komputer: basis komputer merupakan suatu dasar dari sistem informasi. Memiliki peranan bahwa komputer mampu memainkan peranan penting dalam sebuah sistem informasi. Secara prakteknya sistem informasi yang sangat kompleks itu tidak mungkin dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer.
Sub Sistem dari Sistem Informasi Berbasis Komputer
Sub sistem dari CBIS adalah :
1. Sistem Informasi Akuntansi
2. Sistem Informasi Manajemen
3. Sistem Pendukung Keputusan
4. Automasi Kantor (Virtual Office)
5. Sistem Pakar

2)      2) Jelaskan manfaat dan kendala yang bisa diantisipasi dari perdagangan melalui jaringan elektronik (E-Commerce) !
E-Commerce (electronic commerce) merupakan salah satu teknologi yang berkembang pesat seiring dengan kehadiran komputer dan internet dalam kehidupan kita.
           MANFAAT E-COMMERCE :
  1. Pelayanan/transaksi menjadi lebih cepat, aman, dan nyaman.
  2. Hubungan antara pemasok dengan masyarakat menjadi baik.
  3. Pengembangan perdagangan menjadi meningkat.
  4. Menekan biaya perlengkapan dan jasa. Perlengkapan yang dimaksud adalah (biaya sewa toko, listrik, dll). Jasa yang dimaksudkan adalah (biaya gaji karyawan)
  5. Dapat meningkatkan kepuasan konsumen sepanjang yang menyangkut kecepatan untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan kualitas yang terbaik sesuai dengan harganya. Karena konsumen dapat memilih sesuai keinginan dan penyedia barang dapat menawarkan barangnya tanpa batasan waktu, tempat, dll.
  6. Memperpendek waktu produk cycle.
  7. Meningkatkan pendapatan penyedia barang. Karena konsumen dapat mengetahui secara cepat keberadaan si penyedia barang tersebut.
  8. Meningkatkan costumer loyality.
  9.  Dapat melebarkan jangkauan. Artinya, penyedia barang dapat menyediakan barang untuk konsumen yang berada di daerah terpencil. Selama didaerah tersebut mempunyai jaringan internet.
KENDALA E-COMMERCE:
  1. Jaringan internet yang belum tersedia didaerah konsumen dan pemahaman konsumen dalam memahami pembelian barang melalui internet. Antisipasi yang dapat dilakukan adalah: untuk masalah jaringan memang susah untuk dipenuhi, karena jika didaerah tersebut belum ada internet maka bukan menjadi tanggung jawab penyedia barang melainkan pemerintah setempat. Lalu, untuk masalah pemahaman konsumen dalam memahami pembelian barang online. Penyedia barang dapat mengantisipasinya dengan memberikan penjelasan/pengaksesan yang mudah pada situs/web yang dibuat kepada konsumen. Sehingga konsumen dapat mengaksesnya secara mudah tanpa suatu proses yang panjang.  
  2. Banyak sekali pelaku bisnis di internet yang gulung tikar karena tidak sanggup bersaing dan tidak memiliki inovasi dan kreatifitas. Antisipasi yang dapat dilakukan adalah: penyedia barang jangan hanya terpusat pada satu jenis barang/jasa melainkan harus mengikuti keinginan pasar. Serta kreatifitas yang harus ditingkatkan lagi.
  3. Banyaknya kriminalitas di internet, seperti card froud (pencurian akses kartu kredit). Hal ini membuat orang konsumen malas berbelanja online. Antisipasinya dapat dilakukan dengan penyedia barang harus dapat memberikan suatu jaminan bahwa konsumen dapat merasakan keamanan ketika bertransaksi.  
  4. Jasa kurir yang tidak terjangkau daerah tertentu. Antisipasi yang dapat dilakukan adalah: mungkin penyedia barang bisa bekerjasama dengan jasa pengiriman yang sudah berkompeten dalam pengiriman barang. Biasanya, jika jasa kurir tersebut sudah berkompeten maka daerah-daerah diluar pulau Jawa sudah bisa dijangkau. Contohnya: POS EXSPRES.
3)      3) Jelaskan model yang digunakan dalam Model Sistem Umum Perusahaan !  
MODEL SISTEM UMUM :
1)      Sistem Fisik : merupakan suatu sistem yang terbuka, berhubungan dengan lingkungannya melalui arus sumber daya fisik. Arus sumber daya fisik yang mengalir :
a)      Arus material : Material-material input diterima dari pemasok bahan baku dan komponen rakitan. Material ini disimpan di tempat penyimpanan sampai dibutuhkan.
b)      Arus personil : Input personil berasal dari lingkungan. Input personil ini biasanya diproses oleh sumber daya manusia, kemudian ditugaskan kembali ke berbagai bidang fungsional.
c)      Arus mesin : Mesin-mesin yang dipergunakan diperoleh dari pemasok, dan biasanya dipakai oleh perusahaan untuk jangka waktu lama. Namun, akhirnya mesin-mesin tersbut dapat ditukar tambahkan dengan model baru, atau sebagai rongsokan. Karena semakin lama teknologi yang digunakan semakin canggih, sehingga dampak bagi mesin lama seperti itu.
d)     Arus uang : Uang yang dimiliki oleh pemilik, yang menyalurkan  modalnya dalam bentuk investasi, hasil penjualan.
2)      Sistem Konseptual : merupakan sistem terbuka dapat mengendalikan operasinya sendiri. Dalam sistem konseptual terdapat suatu sistem yang dinamakan dengan “Sistem Lingkaran”. Sistem lingkaran tersebut, terdiri dari:
a)     Sistem Lingkaran Terbuka : suatu sistem tanpa lingkaran umpan balik atau mekanisme pengendalian. Perusahaan-perusahaan tersebut menggunakan sistem terbuka, tetapi umpan balik dan mekanise pengendaliannya tidak bekerja sebagaimana mestinya.
b)    Sistem Lingkaran Tertutup : suatu sistem yang memiliki lingkaran umpan balik dan mekanisme pengendalian. Sistem tersebut dapat mengendalikan output-nya dengan membuat penyesuaian-penyesuaian pada input-nya. Sehingga, para manajer dapat memperoleh informasi dari sistem yang menghasilkan informasi berdasarkan data yang sudah terkumpul.

4) Apa yang anda ketahui mengenai Konsep Management by Exception , jelaskan ! 
Management by exception adalah suatu aktifitas yang diikuti manajer, yaitu manajer terlibat dalam aktivitas hanya jika aktivitas itu terdapat kesalahan dalam kinerjanya. Agar manajer dapat mempraktekan management by exception, harus ditetapkan standar kinerja yang dapat diterima. Management by exception merupakan kemampuan dasar yang sudah disediakan CBIS. Sehingga dapat digunakan secara efektif.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons