Minggu, 09 Juni 2013

MANAJEMEN AKTIVA & PASSIVA BANK

a) Pengertian Manajemen Sumber Dana Bank
     Manajemen Sumber Dana Bank (Bank Found Management) adalah ilmu dan seni mengatur proses penarikan dan pengumpulan dana yang optimal dan dengan cost of money yang wajar. Wajar yang dimaksud adalah cost of money (cost of found + overhead cost) dapat bersaing dengan bank-bank lain. Bagi bank, manajemen dana bank adalah bagaimana memilih dan mengelola sumber dana yang tersedia. Selain itu, pengelola sumber dana dari masyarakat luas, terutama dalam bentuk simpanan giro, tabungan, dan deposito sangatlah penting. Dalam pengelolaan sumber dana dimulai dari pencarian akan kebutuhan dana, kemudian pelaksanaan pencarian sumber dana yang tersedia.
Pengelolaan sumber dana kini dikenal dengan nama manajemen dana bank. Dengan kata lain pengertian manajemen dana bank adalah suatu kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian terhadap penghimpuan dana yang ada di masyarakat.

b) Pengertian Manajemen Penggunaan Dana Bank
     adalah dana yang diperoleh sebuah bisnis perbankan perlu dialokasikan dengan tepat. Untuk itu diperlukan suatu kebijakan alokasi aktiva. Alokasi aktiva merupakan pendistribusian dana investasi yang didasarkan pada fungsi dan kegunaan diantara berbagai kategori aktiva, termasuk ekuivalen kas, saham, investasi pendapatan tetap, dan aktiva berwujud lainnya. Alokasi aktiva akan berdampak baik pada resiko maupun laba. Alokasi aktiva merupakan konsep sentral dalam perencanaan keuangan bagi manajemen investasi bisnis perbankan, kebijakan alokasi aktiva perlu mengindahkan tingkat likuiditas, tetapi tidak mengabaikan tingkat rentabilitas. Untuk itu dana yang diperoleh dialokasikan ke dalam cadangan primer, cadangan sekunder, kredit, dan investasi dalam perbandingan yang tepat sesuai dengan perubahan-perubahan.

Perbedaan Manajemen Sumber Dana Dengan Manajemen Penggunaan Dana

1.      Manajemen Sumber Dana terdiri dari :
a) Dana yang berasal dari bank itu sendiri.
b) Dana yang berasal dari masyarakat luas atau dana pihak ketiga.
c) Dana yang berasal dari lembaga lain.

2.      Manajemen Penggunaan Dana terdiri dari :
a) Alokasi dana pada cadangan primer.
b) Alokasi dana pada cadangan sekunder.
c) Alokasi dana pada cadangan kerja.
d) Kredit.
e) Investasi jangka panjang.

Sumber :
http://sumberdanabank.blogspot.com/
http://aldidoniprabowo.blogspot.com/2013/04/manajemen-penggunaan-dana.html
http://ekklesiaonnetwork.blogspot.com/2012/11/manajemen-dana-bank.html

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons