Sabtu, 01 Oktober 2011

Serbia Larang Parade Gay


Pihak berwenang Serbia melarang parade gay yang sedianya dihelat hari ini di ibukota Beograd. Alasannya, menghindari terjadinya bentrok yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa seperti tahun lalu.


Dilansir dari laman 
CNN, larangan juga berlaku untuk sejumlah bentuk unjuk rasa yang menentang pengadaan parade tersebut.

Panitia penyelenggara mengkritik larangan tersebut dengan menuding pemerintah mendukung kelompok ekstrim kanan. "Tahun lalu pemerintah mengatakan bahwa negara lebih solid daripada para perusuh, namun tahun ini sepertinya tak lagi begitu. Mereka memang tidak menginginkan adanya parade gay karena tidak menguntungkan pihak pemerintah secara politis," keluh Goran Miletic, panitia penyelenggara.

Sementara pihak keamanan mengatakan, larangan justru dilakukan untuk menjaga keamanan masyarakat.

"Kami memperkirakan pengadaan parade gay dan unjuk rasa lain yang menentang pengadaannya bisa mengganggu ketenangan masyarakat. Kami sudah melihat indikasi akan terjadi kerusuhan di Beograd, di mana banyak kantor pemerintahan yang diserang dan mobil yang dibakar jika kami tidak melarang pengadaan parade," kata Menteri Dalam Negeri Ivica Dacic.

Presiden Boris Tadic mendukung kebijakan aparat keamanan. "Dengan pelarangan ini, warga Serbia serta populasi lesbian, gay, biseksual, dan transgender akan terlindungi," ujarnya dalam sebuah pernyataan.

Tahun lalu, sejumlah orang terluka dalam parade gay di Beograd setelah kelompok sayap kanan memaksa menerobos barisan dan mengacau jalannya acara. Parade tersebut adalah yang pertama kalinya diadakan lagi sejak tahun 2001.

Di Serbia sendiri, homofobia merebak. Homoseksual bahkan disebut sebagai wabah penyakit, dan paradenya disebut sebagai parade memalukan di kota Irinej yang menjadi basis Gereja Ortodoksa Serbia. (umi)

• VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons